BERANDA

Sabtu, 27 Oktober 2012

NOTEBOOK Vs NETBOOK : mana yang lebih unggul

'Kembali ke laptop!’, slogan sebuah acara talkshow yang diasuh oleh pelawak Tukul Arwana tersebut pasti sudah tidak asing di telinga kita. Meskipun sempat dilarang penanyangannya, acara tersebut muncul kembali dengan nama baru. Namun, di sini kita tidak akan membahas tentang acaratalkshow yang telah merebut perhatian banyak pemirsa itu, tetapi alat bantunya yakni laptop.

Laptop merupakan istilah untuk menyebut komputer jinjing atau komputer portabel. Dulu, sebelum laptop berkembang seperti saat ini, pengerjaan tugas-tugas yang berhubungan dengan pengetikan dilakukan menggunakan komputer meja atau yang dikenal dengan istilah PC atau komputer desktop. Dibandingkan dengan PC, laptop memiliki ukuran yang lebih kecil. Meskipun demikian, performa laptop tidak kalah dengan PC. Selain itu, laptop sebagai komputer pribadi tentunya memudahkan pengerjaan tugas menjadi lebih efektif dan efisien karena dapat dibawa kemana saja. Laptop akan sangat berguna bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi sehingga dapat meng-handle pekerjaan kapan saja dan di mana saja.
Istilah laptop awalnya digunakan untuk notebook. Seiring perkembangannya, komputer portabel tidak hanya berupa notebook saja, tetapi juga muncul varian baru yang disebut dengan netbook. Kini, istilah laptop digunakan untuk kedua jenis varian komputer jinjing tersebut.
Perkembangan laptop sebenarnya mengikuti kebutuhan dan keinginan pasar yang beragam.Notebook digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang membutuhkan spesifikasi setara komputer desktop. Sebut saja pekerjaan kantoran, desain grafis, photo editingvideo editing, dan juga game. Sementara netbook awalnya difungsikan sebagai perangkat komunikasi nirkabel dan akses internet. Namun kini netbook dikembangkan sebagai perangkat komputer portabel multifungsi. Artinya, netbook tidak hanya untuk akses internet saja, tetapi juga digunakan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih sederhana dan tidak membutuhkan spesifikasi tinggi, seperti tugas-tugas kantor, mengetik, input data, dan lainnya.
Perbedaan Antara Notebook Dengan Netbook
Jika dilihat sekilas, notebook dan netbook tidak memiliki banyak perbedaan secara fisik. Banyak yang beranggapan bahwa notebook dan netbook adalah komputer jinjing yang memiliki bentuk dan fungsi sama. Bagi yang masih awam mungkin belum mengetahui perbedaan antara kedua jenis varian komputer portabel tersebut. Namun, apabila dicermati, Anda bisa menemukan perbedaannya. Adapun perbedaan dari kedua varian komputer jinjing tersebut adalah sebagai berikut:
1. Ukuran
Secara fisik notebook memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan netbook. Ukuran yang dimaksud mengacu pada ukuran layar. Notebook umumnya memiliki ukuran layar lebih dari 12 inch. Sementara ukuran layar pada netbook lebih kecil yakni antara 7 hingga 11 inch.
Ukuran yang berbeda tentu saja berpengaruh pada bobot antara notebook dengan netbookyang berbeda pula. Notebook cenderung memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengannetbook.  Bobot notebook bisa mencapai 1 hingga 6 kg tergantung pada ukuran dan bahannya. Sementara netbook bobotnya berkisar antara 1 hingga 2 kg, bahkan ada pula yang kurang dari 1 kg.
2. Spesifikasi
Faktor kedua yang membedakan antara notebook dengan netbook adalah spesifikasi. Spesifikasi yang dimaksud mengacu pada jenis processor dan kapasitas memori (RAM) yang digunakan.
Umumnya notebook menggunakan processor yang memiliki performa lebih kuat mulai dari Dual Core, Core 2 Duo, Turion X2, dan lainnya. Performa dari processor yang kuat tersebut didukung dengan kapasitas memori yang besar mulai dari 1 hingga 2 GB. Notebook yang dilengkapi dengan spesifikasi tinggi tidak lepas dari fungsinya sebagai komputer jinjing dengan performa setara komputer desktop.
Sementara spesifikasi yang menyusun netbook umumnya lebih ringan yakni menggunakanprocessor Intel Atom. Untuk mendukung performanya, netbook dilengkapi dengan memori (RAM) dengan kapasitas mulai dari 512 MB hingga 1 GB. Spesifikasi ini tentu disesuaikan dengan fungsi netbook sebagai perangkat komputer jinjing untuk melakukan tugas-tugas sederhana.
Perbedaan spesifikasi antara notebook dengan netbook jelas berpengaruh pada performa kedua varian laptop tersebut. Mana yang lebih cepat? Dengan spesifikasi lebih tinggi, notebookcenderung memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan dengan netbook. Perbedaan performa tersebut mengarah pada tujuan penggunaan masing-masing jenis varian. Notebookmenyasar segmen yang membutuhkan komputer cukup bertenaga untuk pekerjaan yang berkaitan dengan multimedia atau lainnya yang lebih dari sekedar mengetik, misalnya desainer grafis, editor foto, editor video, arsitek, pencipta game, dan lainnya. Sementara netbookmenyasar segmen yang membutuhkan komputer sekadar  untuk pekerjaan kantoran dan akses internet.
3. Kelengkapan periferal
Ditinjau dari segi kelengkapan periferal, notebook memiliki susunan komponen yang lebih lengkap dibandingkan netbookNotebook dilengkapi dengan optical drive yang umumnya berupa DVD-RW, sedangkan netbook tidak. Jika Anda ingin melakukan transfer data dengan membakar CD atau DVD menggunakan netbook, maka Anda harus menyediakan optical drivesecara terpisah berupa DVD-RW eksternal.
3. Harga
Meskipun tidak bersifat teknis, namun faktor yang satu ini turut andil dalam perbedaannotebook dengan netbook, yakni harga. Harga notebook cenderung lebih mahal dibandingkan dengan netbook. Sebuah notebook rata-rata dipatok pada harga 3 hingga 6 jutaan bahkan lebih, sedangkan netbook berkisar antara 2 hingga 3 jutaan. Mengapa notebook lebih mahal dari netbook? Jelas notebook lebih mahal karena memiliki spesifikasi lebih tinggi dan periferal lebih lengkap dibandingkan netbook.
Kelebihan dan Kekurangan Antara Notebook Dengan Netbook 
Untuk menentukan mana yang lebih baik antara notebook dengan netbook, Anda perlu mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari masing-masing varian komputer jinjing tersebut. Secara prinsip, apa yang menjadi kelebihan notebook merupakan kekurangannetbook. Demikian pula sebaliknya.
Kelebihan Notebook
Beberapa kelebihan pada notebook dapat diuraikan secara singkat seperti berikut:
1. Memiliki spesifikasi tinggi
Sebagai komputer pribadi, notebook memiliki spesifikasi setara dengan komputer desktop baik dari jenis processor, ukuran RAM, maupun kapasitas hard diskNotebook minimal menggunakan jenis processor Intel Dual Core, AMD Athlon atau Turion. Jenis processor ini memungkinkannotebook menjalankan pekerjaan cukup berat seperti desain grafis, photo dan video editingdengan performa cepat.
Kecepatan processor yang digunakan pada notebook umumnya mencapai 2.1 GHz atau lebih. Dengan spesifikasi yang tinggi dan performa yang cepat, notebook memungkinkan penggunanya untuk melakukan multitasking. Artinya, pengguna bisa menjalankan beberapa pekerjaan dengan program yang berbeda sekaligus dalam satu waktu.
2. Ukuran layar lebih lebar
Notebook memiliki layar lebih lebar umumnya berukuran 14 inch. Ukuran layar yang lebar dapat meminimalisir efek lelah pada mata ketika bekerja di depan notebook selama berjam-jam. Layar yang berukuran lebar memungkinkan detail objek dapat ditampilkan secara jelas, tanpa perlu ‘memaksa’ kerja mata.
3. Memiliki periferal lebih lengkap
Keberadaan optical drive pada notebook memberikan nilai tambah pada varian komputer jinjing yang satu ini. Ukuran notebook yang lebih besar tentunya memiliki ruang untuk menempatkanoptical drive berupa DVD-RW secara built-in. Artinya, komponen tersebut dipasang dalam satu kesatuan dengan perangkat notebook itu sendiri.
Penempatan optical drive pada setiap notebook tidaklah sama, tergantung pada desain yang dikembangkan oleh masing-masing produsennya. Di manapun optical drive ditempatkan, secara prinsip komponen tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk melakukan transfer data baik dari maupun ke CD atau DVD.
4. Ukuran keyboard lebih ‘lega’
Ukuran layar notebook yang lebih lebar tentu berpengaruh pula pada ukuran keyboard yang lebih luas. Dengan ukuran keyboard yang lebih ‘lega’ menjadikan pengguna lebih nyaman ketika melakukan proses pengetikan. Selain itu, pengguna juga bisa mengetik dengan cepat dan tingkat kesalahan ketik dapat diminimalisir.
Kekurangan Notebook
Meskipun memiliki beberapa kelebihan, notebook juga memiliki kekurangan, di antaranya adalah:
1. Ukuran lebih besar dan bobot lebih berat
Faktor ukuran ternyata menjadi kelebihan sekaligus kekurangan bagi perangkat komputer jinjing yang disebut notebook ini. Mengapa demikian? Ukuran yang lebih besar tentunya berpengaruh pada bobot yang lebih berat. Kondisi ini menyebabkan notebook butuh perlakuan dan tempat khusus untuk membawanya, sehingga tidak bisa sembarangan. Selain itu, dengan ukuran yang besar menjadikan notebook kurang praktis dan simpel untuk mobile.
2. Baterai tidak tahan lama
Kelemahan atau kekurangan notebook juga terletak pada komponen baterainya. Baterainotebook tidak mampu bertahan lama. Pada kapasitas penuh, notebook umumnya hanya mampu bertahan 3 hingga 4 jam, meskipun baterai yang digunakan berkapasitas 6 cell. Daya baterai notebook tidak mampu bertahan lama karena perangkat penyusunnya tidak termasuk komponen yang hemat energi. Contoh paling konkrit penggunaan processor yang lebih cepat mengakibatkan performa notebook lebih banyak ‘memakan’ energi.
3. Harga cenderung mahal
Spesifikasi yang tinggi dan periferal yang lengkap tentu tidak mengherankan jika notebook‘dibandrol’ dengan harga cenderung mahal. Adapun reaksi yang muncul dari pasar berkenaan dengan harga notebook ini sangatlah variatif. Ada yang mengurungkan niat untuk membeli secara tunai dan mencari alternatif lain, ada yang tetap membeli dengan sistem kredit, dan ada pula yang membeli tanpa OS (Operating System) sehingga harga lebih murah.
Kelebihan Netbook
Seperti halnya notebook, netbook juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai varian baru komputer jinjing, netbook memang tidak sekuat notebook. Hal ini disebabkan tujuan pengembangan awal hanya untuk kepentingan komunikasi nirkabel dan internet. Terlepas dari tujuan tersebut, netbook tetap memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan, yaitu:
1. Praktis untuk dibawa kemana saja
Kecil tidak selalu mengindikasikan kelemahan. Ukuran kecil pada netbook justru menjadi kelebihan dari varian komputer jinjing yang satu ini. Meskipun ukuran layar kecil berkisar antara 7 hingga 11 inch, namun netbook mampu menampilkan gambar yang tajam, karena didukung dengan tingkat resolusi yang tinggi, yakni 1024 x 600 pixel.
Ukuran yang kecil menjadikan netbook lebih mobile. Artinya, gadget ini mudah dan praktis untuk dibawa kemana saja. Dengan ukuran yang mungil tentu bobotnya lebih ringan sehingga tidak merepotkan untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Jadi, Anda tetap bisa mengerjakan tugas dan mengakses internet kapan saja dan di mana saja.
2. Baterai tahan lebih lama
Sumber energi utama netbook juga berasal dari baterai. Keberadaan baterai pada netbooksangatlah penting. Tanpa baterai, netbook tidak lagi sesuai dengan fungsinya sebagai komputer nirkabel, karena harus menggunakan kabel dan listrik sebagai sumber energinya.
Ada dua jenis baterai yang digunakan pada netbook yakni baterai dengan kapasitas 3 cell dan 6 cell. Perbedaan kapasitas tersebut berpengaruh pada daya tahannya. Baterai dengan kapasitas 6 cell lebih tahan lama yakni antara 5 hingga 6 jam. Sementara baterai yang berkapasitas 3 cell umumnya hanya mampu bertahan kurang lebih 1 hingga 3 jam.
Meskipun sama-sama menggunakan baterai berkapasitas 6 cell, namun daya tahan baterai pada netbook lebih lama dibandingkan notebook. Hal ini disebabkan perangkat penyusunnetbook lebih hemat energi terutama pada jenis processor yang digunakan. Di samping itu,netbook yang hanya digunakan untuk pekerjaan office dan akses internet tentu tidak ‘memakan’ banyak energi.
3. Harga lebih murah
Salah satu faktor yang dipertimbangkan ketika akan membeli suatu barang adalah harga. Kehadiran netbook dengan harga yang jauh lebih murah bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membeli komputer portabel. Harga netbook lebih murah karena gadget ini memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak dilengkapi dengan optical drive. Meskipun demikian, pengguna netbook tetap bisa menikmati fasilitas yang hampir sama dengannotebook, seperti Wi-Fi untuk akses internet, webcam untuk video chattingbluetooth untuk transfer data, dan lain sebagainya.
Kekurangan Netbook
Di antara kelebihan-kelebihan yang ada pada netbook, varian komputer jinjing ini ternyata juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangannya dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Periferal tidak lengkap
Periferal yang menyusun netbook tidak selengkap notebook. Pada netbook tidak terdapatoptical drive. Meskipun demikian, pengguna harus menggunakan optical drive eksternal apabila ingin melakukan transfer data dari dan juga ke kepingan CD dan DVD. Proses transfer data ke CD atau DVD dengan netbook tetap dimungkinkan karena perangkat nirkabel ini dilengkapi dengan beberapa port USB yang berfungsi sebagai konektor perangkat eksternal.
2. Performa lebih lambat
Dibandingkan dengan notebook, performa netbook lebih lambat. Hal ini disebabkan jenisprocessor yang digunakan pada netbook tidak secepat notebook. Selain itu, kapasitas RAM pada netbook juga lebih kecil dari notebook. Dengan performa yang lambat, netbook tidak bisa diandalkan untuk melakukan multitasking. Jika dipaksakan, akibatnya proses loading program sangat lambat sehingga membutuhkan waktu lebih lama, bahkan tidak jarang netbook justru mengalami hang sehingga harus di restart. Parahnya, netbook akan lebih cepat mengalami kerusakan apabila ‘dipaksa’ untuk melakukan pekerjaan berat.
3. Ukuran layar lebih kecil mengakibatkan mata cepat lelah
Layar netbook berukuran lebih kecil dari notebook. Meskipun telah didukung dengan resolusi tinggi, namun ukuran layar netbook yang kecil mengakibatkan mata cepat lelah. Mengapa demikian? Ketika Anda bekerja di depan netbook selama berjam-jam, tentu mata senantiasa terfokus pada layar. Ukuran layar yang mini ‘memaksa’ mata untuk memperhatikan konten yang ditampilkan pada permukaan secara lebih seksama, sehingga kerja mata menjadi terforsir.
4. Ukuran keyboard lebih kecil, kurang nyaman untuk mengetik
Jika Anda terbiasa menggunakan keyboard komputer desktop, tentu keyboard pada netbookmembuat Anda kurang nyaman untuk bekerja terutama mengetik. Hal ini disebabkan ukurankeyboard netbook lebih kecil, dimana tombol-tombolnya tersusun lebih rapat. Ukuran keyboardyang kecil tentu disesuaikan dengan desain netbook yang kecil.
Ketidaknyamanan menggunakan keyboard netbook akan sangat dirasakan bagi mereka yang memiliki ukuran jari tangan cukup besar. Selain menghambat proses pengetikan cepat, ukurankeyboard yang kecil juga memungkinkan kesalahan ketik sering terjadi.
Ukuran keyboard yang lebih kecil memang menjadi salah satu kekurangan dari netbook. Meskipun demikian, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan keyboard komputerdesktop yang dikoneksikan ke netbook melalui kabel USB.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari notebook dan netbook, menurut Anda, mana yang terbaik diantara kedua varian komputer portabel tersebut? Penilaian mana yang terbaik tentulah sangat subjektif. Artinya, mana yang lebih Anda butuhkan, maka itulah yang terbaik.
Selamat memilih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar